Mengenal Model Event di Framework Laravel

Assalamualaikum Wr Wb.
Framework laravel yang menwarkan berbagai fitur menarik dan kemudahan bagi para developer web. nah ahir-ahir ini saya sangat gencar mencari tutorial laravel disana sini. dan ahirnya saya menemukan coding yang membuat saya ganjal. di tutorial yang saya pelajari terdapat source code seperti dibawah ini:

Book::creating(function($user)
{
  return false;
});


Nah dalam benak saya bertanya2 untuk apa source code tersebut. bahkan buka cuman itu ada lagi yang sejenis:

User::creating(function($user)
{
    if ( ! $user->isValid()) return false;
});

setelah googling sana sini ternyata itu namanya Modal Event.
yuppzz fitur laravel yang fugsinya untuk mengecek sebelum si controller beritraksi dengan model.
nah bingungkan... hehe sama awalnya saya juga bingung.. 
tapi setelah membaca dokumentasinya si Laravel dan mempraktekannya ahirnya saya mengert.. :)
jadi begini.. si Model Event disini akan mengakses sebuah model sebelum data/objek di eksekusi
contoh:
 
                        public static function boot(){
  parent::boot();
  
  self::creating(function($user){
              if ( ! $user->isValid()){
                        Session::flash('pesan', "User tidak valid silahkan periksa kembali");
                        return false;
              }
  });
            }

source code diatas meletakkan Model Event di dalam fungsi boot. 
Model Event akan mengecek jika $user tidak valid maka akan mengeset session flash dan mereturn false
dalam model event laravel memberikan fitur seperti creating, created, updating,  
updated, saving, saved, deleting, deleted, restoring, restored
lebih lengkapnya silahkan kunjungi dokumentasi laravel
semoga bermanfaat.

Assalamualaikum Wr Wb.

sumber: http://laravel.com/docs/5.0/eloquent#model-events
Share on Google Plus

About catatancidingku.bligspot.com

M Agung Sutrisno: Saya seorang Web Devoloper sejak tahun 2015. Saya tertarik dengan dunia IT sejak tahun 2013. Lulus dari Universitas Islam Madura pada tahun 2016. Pernah bekerja di Univeritas Islam Madura selama 2 tahun. Mulai tahun 2017 mulai bekerja sebagai Web Developer di salah satu perusahaan software PT. Warung Jasa Teknologi, Jakarta.

0 coment�rios:

Post a Comment

### Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
### Jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
### Jangan komentar yang berisi link aktif,
### Mohon Maaf Jika Komentar saya moderasi karena ingin mengantisipasi kemungkinan Spam atau link Aktif