Mengenal Restrict dan Cascade di Mysql

Assalamualaikum Wr. Wb.

Awal Mula Mengenal Restrict dan Cascade

Berawal dari pengalaman menggunkan framework Laravel yang pada setiap membuat table dengan migration selalu ada Restrict dan Cascade. jadi timbul pertanyaan apa sih maksud dari kedua code tersebut, karena saya merasa asing hingga timbul petanyaan besaarrr.. hehe agak lebay dikit.
Dari rasa penasaran itulah saya mulai mencari refrensi sana sini tentang Restrict dan Cascade ini hingga ahirnya bertemu dengan salah satu blog (lupa nama blognya) yang membahas panjang lebar tentang Restrict dan Cascade ini.

Pemahaman Tentang Restrict dan Cascade di Mysql

Setelah saya pajang lebar, mundar madir di dumay.. hehe. ahirnya ketemu juga apa itu Restric dan Cascade.

Restrict kalok dalam bahasa Indonesianya adalah membatasi.  coba perhatikan gambar berikut:
Restrict dan Cascade, Relationship, Relasi pada tabel
Gambar Relasi
Pada gambar diatas terdapat Tabel Indek dan Tabel Parent. nah jika menggunkan Restrict dan terdapat relasi antara tabel induk dengan parent maka data di tabel tersebut tidak dapat di update (perbaharui) atau di hapus. jika isi terdapat perubahan atau di hapus maka akan merespon error dari mysqlnya.
Misalkan terdapat relasi antra tabel Mahasiswa/Perpus dengan tabel Data Peminjam, maka data pada tabel Mahasiswa/Perpus tidak dapat di edit atau dihapus sebelum data pada tabel Daftar Peminjam di perbaharui atau di hapus.

Cascade (bertingkat). hehe bingung yak.. awalnya juga saya bingung. namun setelah mmembaca sana sini ahirnya faham juga. jadi maksud dari bertingkat disini bila terdapat Tabel Induk yang mempunyai relasi pada Tabel Parent diupdate/dihapus maka pada Tabel Parent akan di update atau di hapus.
Misalnya pada pada contoh gambar di atas. Jika melakukan perubahan (edit) atau penghapusan pada tabel Mahasiswa/Perpus, maka secara otomatis pada tabel Daftar Peminjam akan melakukan event edit atau hapus juga.

Kapan Harus Menggunkan Restrict dan Cascade?

Sekarang kapan kita harus menggunkan Restrict dan Cascade. menurut saya yang bisa menentukan kapan harus menggunkan Restrict dan kapan harus menggunakan Cascade itu tergantung pada kebutuhan dari suatu aplikasi yang kita buat. jadi sesuai keinginan dan alur dari aplikasi yang sedang di kelola.

Nah sekian dulu pembahasan Restrict dan Cascade semoga bermanfaat.
jika terdapat kesalahan dalam penjelasan mohon di komentari. karena saya juga tahap belajar.

Asslamualaikum Wr. Wb.
Share on Google Plus

About catatancidingku.bligspot.com

M Agung Sutrisno: Saya seorang Web Devoloper sejak tahun 2015. Saya tertarik dengan dunia IT sejak tahun 2013. Lulus dari Universitas Islam Madura pada tahun 2016. Pernah bekerja di Univeritas Islam Madura selama 2 tahun. Mulai tahun 2017 mulai bekerja sebagai Web Developer di salah satu perusahaan software PT. Warung Jasa Teknologi, Jakarta.

0 coment�rios:

Post a Comment

### Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
### Jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
### Jangan komentar yang berisi link aktif,
### Mohon Maaf Jika Komentar saya moderasi karena ingin mengantisipasi kemungkinan Spam atau link Aktif