Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Mendeley

Assalamualaikum Wr Wb.
Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis. [Wikipedia]

Dalam penulisan karya ilmiyah, daftar pustaka cendrung terjadi kesalahan dalam hal format, rujukan dan cara penulisan yang benar. oleh sebab itu, maka pembaca yang ingin mencari sumber referensi dalam sebuah karya ilmiya mengalami kebingungan. Untuk meminimalisir kesalahan tersebut, alangkah baiknya jika kita menggunakan alternatif yang bisa membuat rujukan atau daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiya secara otomatis.

Pada postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana membuat Daftar Pustaka dan Bodynote menggunakan aplikasi Mendeley.

Mendeley adalah software gratis untuk mengorganisir referensi/bibliografi (mirip EndNote) sewaktu menulis tugas akhir, penelitian, makalah ilmiah, dll. ditambah lagi dengan fasilitas academic social network untuk bekerja sama dengan peneliti lainnya. [Mendeley]

Untuk dapat menggunakan software ini bisa mendownload langsung disitus resminya Mendeley. Setelah mendownload silahkan di install. langkah-langkah menginstallnya sama dengan aplikasi pada umumnya. namun saat pertama kali menggunkan software Mendeley, PC/Laptop harus terkoneksi dengan internet. karena software ini akan meminta Anda untuk login/register terlebih dahulu sebelum menggunakannya. lihat pada screenshot berikut ini:

Login Mandeley
Register Mendeley



Jika belum punya akun, silahkan mendaftar dan konfimasi pendaftaran di email Anda.
Setelah itu login di aplikasi Mendeley. setelah login tanpilan mendeley akan seperti gambar berikut:

Tampilan Mendeley
Setelah aplikasi terbuka silahkan membuat folder baru pada bagian sidebar left dan tambahkan peaper yang akan di edit menggunakan mendeley. lihat pada gambar berikut:

Menambahkan file ke mendeley
Langkah selanjutnya silahkan edit atribute yang diperlukan sesuai karya ilmiyah yang telah di tambahkan. lihat pada gambar berikut:


Nah langkah selanjutnya menginstall plugin Ms-Word dengan cara Tools => MS-Word plugin. setelah mengistal plugin MS-Word plugin, silahkan cek di microsoft wordnya dengan cara pilih preference => isert citation. gambar bisa dilihat berikut ini:
Langkah selanjutnya, copy sebagian text pada peaper yang sudah dan pastekan di Ms-Wordnya. lihat pada gambar berikut:

Copy peaper ke MS-Worl

Setelah proses diatas selesai, sekarang aplikasi Mendeley akan terbuka. silahkan pilih peaper yang ingin Anda masukan kedalam Bodynote. lihat pada gambar berikut:


Jika langkah-langkah diatas sudah benar, maka Bodynote akan tampil seperti pada gambar berikut:


Bodynote
Selanjutnya cara membuat daftar pustaka otomatis. caranya cukup mudah, letakan kursor dimana Anda ingin menempatkan daftar pustaka, kemudian klik Insert Bibliography disebelahnya Insert Citation. lihat pada gambar berikut:

Tambahkan Daftar Pustaka
Secara otomatis daftar pustaka akan terbuat seperti pada gambar berikut:

Daftar Pustaka
Selamat. Anda sudah berhasil membuat Bodynote dan Daftar Pustaka otomatis.
Sekian tutorial Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Mendeley. semoga bermanfaat.
Assalamualaikum Wr Wb.
Share on Google Plus

About catatancidingku.bligspot.com

M Agung Sutrisno: Saya seorang Web Devoloper sejak tahun 2015. Saya tertarik dengan dunia IT sejak tahun 2013. Lulus dari Universitas Islam Madura pada tahun 2016. Pernah bekerja di Univeritas Islam Madura selama 2 tahun. Mulai tahun 2017 mulai bekerja sebagai Web Developer di salah satu perusahaan software PT. Warung Jasa Teknologi, Jakarta.

2 coment�rios:

  1. Hal sederhana yang wajib diketahui oleh seorang peneliti.
    Aplikasi ini wajib bagi mahasiswa S2 dan S3 yang lebih banyak bekerja sebagai peneliti.

    ReplyDelete
  2. gmana klw ngambil referenseniya dr internt (file dalam bentuk web) bukan dr file pdf ????

    ReplyDelete

### Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
### Jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
### Jangan komentar yang berisi link aktif,
### Mohon Maaf Jika Komentar saya moderasi karena ingin mengantisipasi kemungkinan Spam atau link Aktif