Mengenal Array di C++

Assalamualaikum Wr Wb.
Setelah 2 minggu tidak melakukan posting dikarenakan kesibukan menghadapi UAS sekarang saya akan kembali membagikan apa yang saya ketahui. Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Apa Itu Array dan Pengertiannya, karena kebetulan materi pertama dalam perkuliahan saya adalah Array. Langsung saja pada inti dari postingan kali ini

1. Pengertian Array
Array adalah kumpulan dari data yang mempunyai sifat sama dan tipe data yang sama. masih bigungkan???
Ok begini di dalam Array, jumlah variabel dapet menggunakan kata yang sama antara satu variabel dengan variabel yang lainnya.
adapun pendeklarasian dalam Array sebagai berikut:
  • Tipe_data: Ini digunakan untuk menyatakan tipe element array salah satu contohnya int, char, dan float.
  • Nama_Var : Nama variabel dari array
  • Ukuran: Untuk menyatakan jumlah maksimal dari element array.
Contoh sederhana dalam array ini misalnya menyatakan array dengan variabel  tinggi_badan, tipe data float, dan memiliki 4 element
tinggi_badan[0]
tinggi_badan[1]
tinggi_badan[2]
tinggi_badan[3]
Mungkin anda akan timbul pertanyaan kenapa tinggi badan dimulai dari [0] dan berahir di [3], kenpa tidak diawali dengan [1] dan berahir [4]???
pertanyaan seperti itu sama halnya yang saya lontarkan saat pertama kali mendengar tentang array, namun pertanyaan saya di jawab dengan mudah oleh dosen saya dengan pernyataan dibawah ini.
Penting!!!
Jika sebuah array y memiliki n element maka:
- Element pertama adalah y[0]
-Element terahir adalah y[n-1]
Saya ambil contoh masalnya:
- Short y [4], memiliki element y[0], y[1], y[2], y[3].
-Tetapi  y[4], bukan merupakan element array ini.
Lihat contoh tabel berikut:
diketahui tinggi badan adalah 1.5, 1.75, 1.6, 1,66 maka
n[0]= 1.5, n[1]= 1.75, n[2]= 1.6, n[3]= 1,66
dan pendeklarasiannya sebagai berikut

Array dapat di bedakan menjadi tiga bagian:
  1. Array berdimensi 1 (1D), berpadanan dengan vektor di matematika.
  2. Array berdimensi 2 (2D), berpadanan dengan matriks di matematika.
  3. Array berdimensi banyak.
Terimakasih sudah membaca artikel Mengenal Array di C++, semoga bermanfaat .
Assalamualaikum Wr Wb.
Share on Google Plus

About catatancidingku.bligspot.com

M Agung Sutrisno: Saya seorang Web Devoloper sejak tahun 2015. Saya tertarik dengan dunia IT sejak tahun 2013. Lulus dari Universitas Islam Madura pada tahun 2016. Pernah bekerja di Univeritas Islam Madura selama 2 tahun. Mulai tahun 2017 mulai bekerja sebagai Web Developer di salah satu perusahaan software PT. Warung Jasa Teknologi, Jakarta.

0 coment�rios:

Post a Comment

### Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
### Jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
### Jangan komentar yang berisi link aktif,
### Mohon Maaf Jika Komentar saya moderasi karena ingin mengantisipasi kemungkinan Spam atau link Aktif