Setting Apche Behind Nginx in Linux Mint

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada saat develop aplikasi terkadang saya membutuhkan nginx buat mempermudah routing aplikasi yang di develop. Memang sih di environtment saya sudah ada apache tapi saya lebih senang menggunakan nginx karena sudah terbiasa dan menurut saya lebih mudah confignya. Tapi pada terkadang saya juga membutuhkan apache yang sudah terconfigurasi dengan php di environtment saya. Karena kebutuhan ini saya coba cari aja bagaimana agar bisa nginx bisa jalan berbarengan dan bisa apache di proxykan saja di nginx.

Pada tulisan ini saya akan sedikit mengulas tentang routing nginx ke apache. Anda harus sudah menginstal apache dan php sebagai sarana testing.
Buka terminal dan jalankan sudo vi /etc/apache2/sites-enabled/000-default.conf
Pertama silahkan mengubah port default apache dari 80 menjadi 8090 (port bebas) di bagian <VirtualHost > lihat pada code diatas baris 1.
Kedua mengubah DocumentRoot apache. buat dulu folder apache di dalam folder /var/www/html. Kemudian ubah domcument rootnya seperti pada code diatas baris 12. Jangan lupa semua file yang yang berkaitan dengan apchenya di pindahin ke directory yang barusan dibuat /var/www/html/apache.
Kemudian simpan dan restart apachenya sudo systemctl restart apache2.

Untuk melihat berhasil atau tidaknya merubah port dan DocumentRoot dari apachenya bisa akases localhost:8089 (8089 adalah port yang dikasih saat mengubah port di langkah sebelumnya)


Untuk config apache sudah selesai. Sekarang tinggal install nginx. Jalankan perintah berikut di terminal sudo apt-get install nginx
Setlah instalasi selesai, Anda dapat mengeceknya di localhost. Jika berhasil, hasilnya seperti gambar berikut:
Selanjutnya melakukan configurasi pada nginx. Jalankan perintah sudo vi /etc/nginx/sites-available/default dan edit seperti source berikut:
Lihat pada baris 50 - 55. Pada baris itu terdapat configurasi proxy yang mengarahkan ke server apache yang kita set tadi.
Selanjutnya buat folder test dalam DirectoryRoot apache yang diset diatas.
buat sample file dengan nama index.php.
lihat pada code berikut

Selanjutnya restart nginxnya dengan perintah sudo systemctl restart nginx.
selanjutnya akses url localhost/test. Hasilnya akan seperti gambar berikut
Kalau ingin mengakses langsung dari apachenya bisa tambahkan port saja sesuai port yang di seting pada apachenya localhost:8090/test.

Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About catatancidingku.bligspot.com

M Agung Sutrisno: Saya seorang Web Devoloper sejak tahun 2015. Saya tertarik dengan dunia IT sejak tahun 2013. Lulus dari Universitas Islam Madura pada tahun 2016. Pernah bekerja di Univeritas Islam Madura selama 2 tahun. Mulai tahun 2017 mulai bekerja sebagai Web Developer di salah satu perusahaan software PT. Warung Jasa Teknologi, Jakarta.

0 coment�rios:

Post a Comment

### Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
### Jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
### Jangan komentar yang berisi link aktif,
### Mohon Maaf Jika Komentar saya moderasi karena ingin mengantisipasi kemungkinan Spam atau link Aktif