Belajar Function di PHP

Gambar1
Belajar Function di PHP

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sekarang saya akan coba sedikit memberikan pengalaman tentang belajar function di php. mungkin anda sudah terbiasa dengan function yang ada di javascript atau bahasa pemrograman lain.
Function atau fungsi adalah sebuah blok stetment yang dapat di pergunakan berulangkali dalam sebuah program. contoh sederhananya sebagai berikut:
function namaFungsi(){
    //Code yang akan dijalankan;
}
Nah diatas sudah saya berikan pendeklarasian dari function. di awali dengan code function dan nama function dikuti dengan buka kurung dan tutup kurung dan buka kurung kriting baru letakkan code yang akan di excusi oleh function tersebut dan terahir tutup kurung kriting.

Catatan:
Nama sebuah function bersifat case-sensitif, bisa menggunakan karakter husus seperti (-, _ dan lain-lain). namun tidak di perbolehkan menggunakan nomor.

Sekarang saya akan memberikan satu contoh sederhana dari penggunaan function:
  1. <?php
  2. //Membuat sebuah function (fungsi).
  3. function latihan1(){
  4.      //Code yang akan dijalankan oleh function
  5.      echo"Hallow, saya sedang belajar function di PHP";
  6. }
  7. //Memanggil function latihan1
  8. latihan1();
  9. ?>
Anda juga bisa memberikan argumen dalam function. argument di letakkan di dalam kurung setelah nama dari function.

function namaFungsi($argumen){
    //Code yang akan dijalankan;
}

Anda juga bisa menambahkan lebih banyak argument dengan hanya dibatasi oleh tanda koma.

function namaFungsi($argumen1,$argument2,$agrumen3){
    //Code yang akan dijalankan;
}

Contoh programnya adalah sebgai berikut:
  1. <?php
  2. //Membuat sebuah function (fungsi) dengan argument.
  3. function latihan1($arg,$arg2){
  4.      //Code yang akan dijalankan oleh function
  5.      echo"Hallow, nama saya $arg. saya berumur $arg2 tahun";
  6. }
  7. //Memanggil function latihan1
  8. latihan1("Agung",19);
  9. ?>

 Dalam penulisan argument, saya sarankan agar menentukan nilai defaultnya sebagai null atau ''. karena, jika tidak di tentukan ketika argument gagal di panggil mka akan menampilkan pesanWarning: Missing argument 2 for latihan1() blablabla...... seperti gambar dibawah ini.

  1. <?php
  2. //Membuat sebuah function (fungsi) dengan argument.
  3. function latihan1($arg,$arg2){
  4.      //Code yang akan dijalankan oleh function
  5.      echo"Hallow, nama saya $arg. saya berumur $arg2 tahun";
  6. }
  7. //Memanggil function latihan1
  8. latihan1("Agung");
  9. ?>
Jika anda jalankan code diatas, maka anda akan mendapatkan pessan seperti pada gambar diatas. nah disini fungsi memberi nilai default di perlukan. kalau memberikan nilai default, tidak akan ada pesan Warnning: Missing blablabla.... 
  1. <?php
  2. //Membuat sebuah function (fungsi) dengan argument.
  3. function latihan1($arg=null,$arg2=null){
  4.      //Code yang akan dijalankan oleh function
  5.      echo"Hallow, nama saya $arg. saya berumur $arg2 tahun";
  6. }
  7. //Memanggil function latihan1
  8. latihan1("Agung");
  9. ?>
Sekarang coba jalankan code di atas. dicode itu sudah saya berikan nilai default null untuk argumentnya. jadi meskipun argument kedua tidak ada, pesan Warning: Missing blablabla... tidak akan tampil lagi, karena argumentnya sudah mempunyai nilai awal.
Silahkan dicoba sendiri perbedaannya agar lebih mengerti.

Terimakasih sudah mau singgah ke blog ini. semoga bermanfaat. mohon kritik dan saranya buat para master. Mohon maaf buat para pembaca jika ada kesalahan dalam penjelasannya, karena disini saya juga masih tahap belajar.
Share on Google Plus

About catatancidingku.bligspot.com

M Agung Sutrisno: Saya seorang Web Devoloper sejak tahun 2015. Saya tertarik dengan dunia IT sejak tahun 2013. Lulus dari Universitas Islam Madura pada tahun 2016. Pernah bekerja di Univeritas Islam Madura selama 2 tahun. Mulai tahun 2017 mulai bekerja sebagai Web Developer di salah satu perusahaan software PT. Warung Jasa Teknologi, Jakarta.

0 coment�rios:

Post a Comment

### Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
### Jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
### Jangan komentar yang berisi link aktif,
### Mohon Maaf Jika Komentar saya moderasi karena ingin mengantisipasi kemungkinan Spam atau link Aktif