Membuat Upload Foto di Django Admin

Sudah beberapa hari ini saya ngulik-ngulik tentang Django. Kalian yang masih belum tahu apa itu Django, Django itu sebuah framework dari Python.

Kali ini saya akan membuat catatan sekaligus tutorial biar saya mudah jika nanti lupa. Syukur-syukur kalau bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ok langsung saja disini saya akan membuat tutorial bagaimana cara upload gambar di django admin.

Misal saya punya model Karyawan

Perhatikan baris 6 - 9 terdapat def file_image yang didalamnya terdapat code untuk mengubah nama gambar yang di upload. Dan baris 9 terdapat code untuk menentukan path.

Pada baris 15 adalah field untuk upload foto yang menggunakan def file_image.

Selanjutnya tambahkan kode berikut pada settings.py pada folder applikasi.

Selanjutnya buat 2 folder baru di dalam root assets dan static

Selanjutnya ke commad masuk ke aplikasi dan jalankan ./manage.py collectstatic

Kalau ada css atau js yang tidak jalan seperti pada gambar berikut

Langkah penyelesaiannya adalah masuk ke folder folder_project/local/lib/python2.7/site-packages dan cari file login.css
kemudian cari base dari foldernya. Misal gambar diatas, ambil semua yang ada di folder admin dan pastekan di folder assets yang dibuat sebelumnya.
Kemudian jalankan kembali ./manage.py collectstatic
dan coba kembali.
Coba upload gambar.



Jika terdapat error 404 saat mengakses foto seperti gambar berikut:


Anda dapat menambahkan script berikut di folder_project urls.py


Semoga daapt membantu. Kalau ada yang mau ditanyakan bisa langsung di komentar atau ke facebook saya.
Share on Google Plus

About catatancidingku.bligspot.com

M Agung Sutrisno: Saya seorang Web Devoloper sejak tahun 2015. Saya tertarik dengan dunia IT sejak tahun 2013. Lulus dari Universitas Islam Madura pada tahun 2016. Pernah bekerja di Univeritas Islam Madura selama 2 tahun. Mulai tahun 2017 mulai bekerja sebagai Web Developer di salah satu perusahaan software PT. Warung Jasa Teknologi, Jakarta.

0 coment�rios:

Post a Comment

### Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
### Jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
### Jangan komentar yang berisi link aktif,
### Mohon Maaf Jika Komentar saya moderasi karena ingin mengantisipasi kemungkinan Spam atau link Aktif